Tuesday, January 4, 2011

Sugeng Rawuh

Selamat Datang, pengunjung sekalian yang berbahagia.

Atas kehendak dan perkenan Tuhan Yang Maha Kuasa, weblog ini dibangun oleh Yayasan Sekar Jagad, yang berdomisili di Semarang, Jawa Tengah. Weblog ini dibangun dengan tujuan menjadi ajang diskusi (bawa rasa) tentang kebudayaan dan peradaban Jawa, sebagai tindak lanjut dari hasil beberapa pertemuan dan diskusi yang diselenggarakan oleh Yayasan Sekar Jagad sejak Oktober 2005.
Hasil diskusi menunjukkan adanya semangat untuk membangun suatu paguyuban Studi Jawa dalam rangka menemukan kembali (reinvention), merumuskan kembali konsep hidup Jawa yang sering dikenal dengan istilah Kejawèn atau Ke-Jawa-an. Tujuan akhirnya adalah terjadinya proses renaisance Jawa sebagai Sekarjagad untuk Indonesia Taman Sari Dunia. Dengan kata lain, ingin menunjukkan rasionalitas Kejawen yang selama ini terlanjur salah kaprah, kejawen dianggap dekat dengan klenik, tahayul bahkan laku sirik oleh bebeapa kalangan.
Gambar di atas adalah suatu tantangan bagi kita semua, terutama para lajer Jawa dengan pertanyaan mendasar, "Sirik, tahayul atau klenikkah wujud sesaji itu?" Atau bahkan sebaliknya merupakan manivestasi akal pikiran yang rasional?
Demikian sekelumit ungkapan selamat datang Yayasan Sekar Jagad bagi Anda semua pada weblog Ngelmu Urip Sekarjagad. Untuk dijadikan dasar pijakan bawa-rasa selanjutnya tentang kejawen, Ketua Yayasan Sekarjagad, Ki Sondong Mandali, telah menulis sejilid buku dengan judul NGELMU URIP dengan kandungan substansional atas 3 kesadaran dalam falsafah hidup Kejawen, yaitu: 1) Kesadaran ber-Tuhan, 2) Kesadaran Kesemestaan dan 3) Kesadaran Peradaban.

Buku NGELMU URIP  (ISBN 978-602-98012-0-0)
  • Penulis: Ki Sondong Mandali (Ketua Yayasan Sekarjagad)
  • Penerbit: Yayasan Sekar Jagad – Semarang
  • Volume: 284 halaman
  • Kertas : Majalah (Buku umum) 60 g
  • Harga: Rp 50,000 (termasuk ongkos kirim untuk Pulau Jawa dan disesuaikan dengan nilai transfer minimal Bank); pembelian lebih dari 1 buku harga Rp 40,000 per buku
  • Kandungan penting: Rasionalisasi Kejawen dengan 3 aras Kesadaran:
    1. Kesadaran ber-Tuhan
    2. Kesadaran kesemestaan
    3. Kesadaran berperadaban
  • Terbit (beredar): Januari 2011.
  • Pemesanan: via e-mail ke denggleng@yahoo.com, dengan menyantumkan alamat dan jumlah buku yang dipesan. 
Rahayu,
Ki Denggleng Pagelaran


No comments:

Post a Comment