Sunday, January 23, 2011

Gunungan atau Kayon

Suatu hari, saya mengunduh aneka Kayon (gunungan) di pedalangan Indonesia dari: http://njowo.multiply.com/. Sungguh menakjubkan!

Nenek moyang saya dahulu dengan imajinasi mereka yang kontemplatif, berhasil menatahkan kehidupan segala makhluk dalam satu disain "meru" dua dimensi seperti berikut, Gunungan Sekar Jagad, atau Gunungan Gapuran, misalnya.



Gunungan Sekar Jagad

Gunungan Gapuran


Bertapa secara simbolik Gunungan (Kayon) itu memuat segala makhluk. Berpangkal pada Kalapataru (pohon kehidupan) lalu berbagai pernik makhluk kasat mata dan yang tidak kasat mata.

Yang sangat menarik bahwa gunungan muka ini diibaratkan ketika suasana penuh harmoni dan terpelihara. Maka 'banas pati' yang membakar pun dapat dikelola secara baik menjadi sumber energi Kalapataru. Segala makhluk hidup menjalani dharmanya sesuai dengan "jatah"-nya.

Tetapi jangan ditanya jika alam Kayon Gunungan itu diganggu atau rusak. Maka tinggal dibalik saja akan berupa GUNUNGAN API. Banas Pati hidup menyala-nyala memanaskan buana. Bagi saya ini adalah informasi kewaspadaan dari nenek moyang saya yang dipesankan dalam bentuk pahatan wayang Gunungan. Jika baik terawat, akan menjadi Gunungan Sumber Kehidupan. Tetapi jika rusak... maka panas lah segalanya.... peringatan Global Warming yang tersimpan dalam bentuk pahatan WAYANG...


Gunungan Api (terlukis di balik Gunungan Gapuran)
Nuhun,

No comments:

Post a Comment